kuis kesembilan

Kuis minggu ke9

Nama             :Diorama Putra Adiara

NPM               :12112215

Jelaskan dengan terperinci :

1.     Apa yang dimaksud dengan pasar   monoolidanmonopolistis ?
2.     Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?jelaskan dan berikan contoh ?
3.     Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
4.     Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar  monopoli ?
5.     Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?

Jawab :

1.     Pasar monopoli : suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual yang sering disebut sebagai “Monopolis”.
Pasar monopolistik : salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistic tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.

2.     Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistik adalah pasar monopolistik mempunyai banyak penjual, penjual di pasar monopolistik memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunyai satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli.

3.     Keuntungan pasar monopoli : keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya.




4.     Kebaikan pasar monopoli : penjualannya cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga semaunya.
Kelemahan pasar monopoli : pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan hanya terpuat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.

5.     Pasar oligopoly : pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoly, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Sumber :
http://pengetahuanberharga.blogspot.com/2011/04/apa-yang-dimaksud-pengertian-pasar.html


Comments

Popular Posts