kuis kesembilan
Kuis minggu ke9
Nama :Diorama
Putra Adiara
NPM :12112215
Jelaskan dengan terperinci :
1.
Apa yang dimaksud dengan pasar monoolidanmonopolistis ?
2.
Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis
?jelaskan dan berikan contoh ?
3.
Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar
monopoli ? (gambarkan secara grafik)
4.
Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5.
Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawab :
1.
Pasar monopoli : suatu bentuk pasar dimana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual yang sering disebut sebagai “Monopolis”.
Pasar
monopolistik : salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistic tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya.
2.
Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistik adalah
pasar monopolistik mempunyai banyak penjual, penjual di pasar monopolistik
memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar
penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunyai satu
penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar
monopoli.
3.
Keuntungan pasar monopoli : keuntungan penjual cukup
tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur
pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan
harga dengan semaunya.
4.
Kebaikan pasar monopoli : penjualannya cukup tinggi,
tidak dapat menentukan harga semaunya.
Kelemahan
pasar monopoli : pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan
hanya terpuat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5.
Pasar oligopoly : pasar dimana penawaran satu jenis
barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari
dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoly, setiap perusahaan
memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana
keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga,
dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing
mereka.
Sumber :
http://pengetahuanberharga.blogspot.com/2011/04/apa-yang-dimaksud-pengertian-pasar.html
Comments
Post a Comment