Kuis ke 6
Kuis Minggu ke 6
Nama :
Diorama Putra Adiara
NPM :12112215
Jelaskan dengan terperinci :
1.
Biayadanmacambiaya ?
2.
Jelaskankurvabiaya ?
3.
Jelaskanmengapakonsepbiayaperlu di
pertimbangkanolehsemuaorganisasi – perusahaan ?
4.
Jelaskanbagaimanaperusahaanjikatingkatpenjualansangatrendahtetapiingintetapada
di pasar, konsepbiayasepertiapa yang perluditerapkan ?
5.
Cobaandabuatpengkategorianbiaya ?
Jawab :
1.
Biaya adalh semua pengorbanan yang perlu dilakukan
untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga
pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
Macam-macam
biaya :
a) Biaya
eksplisit : biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang.
b) Biaya
implicit : biayan yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya
kesempatan dan penuyusutan barang modal.
2.
Kurva biaya :
a. Biaya
pabrikasi :
-
Biaya langsung : biaya yang langsung dalam proses
produksi suatu barang, bahan baku, dll.
-
Biaya tidak langsung : biaya yang dikeluarkan untuk
proses produksi.
b. Biaya
non-pabrikasi :
-
Biaya pemasaran : biaya yang diperlukan untuk memperoleh
pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan.
-
Biaya administrasi : biaya yang dibutuhkan untuk
mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan.
c. Departemen :
-
Common cost (biaya bersama) : biaya yang berasal dari
penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau lebih.
-
Joint cost (biaya gabungan) : biaya yang terjadi dalam
proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produksi jadi.
d. Periode
akuntansi :
-
Capital expenditure (belanja modal) : biaya yang
dikeluarkan untuk memperoleh manfaat lebih dari satu periode akuntansi.
-
Revenue expenditure (pengeluaran pendapatan) : biaya
yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat pada periode akuntansi yang sama dan
dicatat sebagai beban.
e. Volume
produksi :
-
Biaya tetap (FC) : biaya yag tidak bertambah seiring
dengan pertambahan produksi.
-
Biaya variable (VC) : biaya yang bertambah seiring
dengan pertambahan produksi.
3.
Karena jika konsep biaya tidak sesuai dengan apa yang
kita rencanakan atau bahkan melesat maka perusahaan akan mengalami kerugian
atau bangkrut.
4.
Jika suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan yang
rendah, sebaiknya perusahaan menggunakan biaya pemasaran. Biaya pemasaran itu
sendiri adalah biaya yang digunkana untuk melakukan pemasaran, jadi saat
tingkat penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan
pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya.
5.
Pengkategorian biaya :
A. Biaya
penjualan yaitu biaya gaji dan komisi penjualan; Biaya advertensi; Biaya bahan
pembantu untuk bagian penjualan dan took; Biaya depresiasi aktiva tetap bagian
penjualan; Biaya depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan
dengan bagian penjualan.
B. Biaya
administrasi dan umum yaiutu biaya gaji pimpinan dan pegawai kantor; Biaya
bahan pembantu untuk kantor; Biaya depresiasi aktiva tetap kantor; Biaya
telepon, air, listrik, parker, dll.
Comments
Post a Comment