Kuis ke 6

Kuis Minggu ke 6
Nama             : Diorama Putra Adiara
NPM               :12112215

Jelaskan dengan terperinci :
1.     Biayadanmacambiaya ?
2.     Jelaskankurvabiaya ?
3.     Jelaskanmengapakonsepbiayaperlu di pertimbangkanolehsemuaorganisasi – perusahaan ?
4.     Jelaskanbagaimanaperusahaanjikatingkatpenjualansangatrendahtetapiingintetapada di pasar, konsepbiayasepertiapa yang perluditerapkan ?
5.     Cobaandabuatpengkategorianbiaya ?

Jawab :
1.     Biaya adalh semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.

Macam-macam biaya :
a)     Biaya eksplisit : biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang.
b)    Biaya implicit : biayan yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penuyusutan barang modal.

2.     Kurva biaya :
a.     Biaya pabrikasi :
-         Biaya langsung : biaya yang langsung dalam proses produksi suatu barang, bahan baku, dll.
-         Biaya tidak langsung : biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi.
b.     Biaya non-pabrikasi :
-         Biaya pemasaran : biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan.
-         Biaya administrasi : biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan.
c.      Departemen :
-         Common cost (biaya bersama) : biaya yang berasal dari penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau lebih.
-         Joint cost (biaya gabungan) : biaya yang terjadi dalam proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produksi jadi.
d.     Periode akuntansi :
-         Capital expenditure (belanja modal) : biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat lebih dari satu periode akuntansi.
-         Revenue expenditure (pengeluaran pendapatan) : biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat pada periode akuntansi yang sama dan dicatat sebagai beban.
e.     Volume produksi :
-         Biaya tetap (FC) : biaya yag tidak bertambah seiring dengan pertambahan produksi.
-         Biaya variable (VC) : biaya yang bertambah seiring dengan pertambahan produksi.

3.     Karena jika konsep biaya tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau bahkan melesat maka perusahaan akan mengalami kerugian atau bangkrut.

4.     Jika suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan yang rendah, sebaiknya perusahaan menggunakan biaya pemasaran. Biaya pemasaran itu sendiri adalah biaya yang digunkana untuk melakukan pemasaran, jadi saat tingkat penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya.

5.     Pengkategorian biaya :
A.    Biaya penjualan yaitu biaya gaji dan komisi penjualan; Biaya advertensi; Biaya bahan pembantu untuk bagian penjualan dan took; Biaya depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
B.     Biaya administrasi dan umum yaiutu biaya gaji pimpinan dan pegawai kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya depresiasi aktiva tetap kantor; Biaya telepon, air, listrik, parker, dll.


Comments

Popular Posts