kuis ke 5
Kuis Minggu 5 Materi Prilaku Produsen
Nama : Diorama Putra
Adiara
NPM : 12112215
Jelaskan soal berikut
1.
Apa yang dimaksud dengan produsen dan sebutkan pengkategorian
produsen
2.
Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
3.
Apa yang di maksud dengan fungsi produksi ?
4.
Apa yang di maksud dengan least cost combination ?
5.
Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Jawab
1.
Produsen dalam ekonomi adalah orang yang menghasilkan barang dan
jasa untuk dijual atau dipasarkan.
Pengkategorian produsen :
Ø Produsen
Ø Distributor
Ø Agen
Ø Pengecer
Ø Pengguna
2.
Perilaku Produsen
Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila
dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha
adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko
seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis.
Agar berhasil seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal
sebagai berikut :
a) Perencanaan. Perencanaan antara lain terkait dengan
penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Ia harus tau apa
yang ingin ia capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.
b) Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus bisa ia
kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, maupun
manusia.
c) Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud, pengusaha wajib
mengarahkan dan membimbing anak buahnya.
d) Pengendalian. Kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana
hasil pelaksanaan kerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau justru
sebaliknya.
3.
Fungsi produksi merupakan hubungan teknis antara faktor produksi
(C,R,T,L) dengan hasil produksi.
Produksi dengan menggunakan :
a) 1 variabel & yang lain tetap.
b) 2 variabel, kombinasi 2 faktor produksi
ditunjukkan dengan kurva isocost dan isoquant.
4.
Least Cost Combination (LCC)
a) Penggunaan kombinasi faktor produksi dengan menggunakan
biaya yang paling murah.
b) Syarat LCC : MRTS (marginal rate of technical
substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi penggunaan input.
5.
Cara Mengoptimalkan produksi:
1) Biaya yang digunakan harus dipandang
sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau
ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya
produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
2) Setelah persepsi tentang biaya produksi
diatas berubah, manajemen harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah
( bukan sekedar mengubah input menjadi output ) dengan jalan berproduksi pada
biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan meningkatkan daya
saing melalui strategi penetatapan harga ( pricing strategy ) yang kompetirif
di pasar.
3) Keunggulan kompetitif produk dipasar akan
meningkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan
penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
Sumber :
http://tsoftskill.wordpress.com/2014/04/19/kuis-5-materi-perilaku-produsen/#more-389
Comments
Post a Comment